Langsung ke konten utama

Senam Hamil di RSPI Bintaro Jaya

Beberapa minggu belakangan ini saya sering sekali mengalami sakit punggung kanan dan pinggang kiri. Saat konsultasi ke dokter kandungan & bidan akhir Juli lalu, mereka mengatakan penyebabnya tidak lain adalah karena perut saya yang semakin membesar. Memang, memasuki trisemester ketiga ini saya merasa perut saya lebih membesar dibanding sebelumnya. Berat badan juga sudah naik 10kg dari berat badan sebelumnya. That's why badan saya sering sekali pegal - pegal, tidur mulai tidak nyaman, sakit punggung, sakit pinggang, dan kaki sering kram. Atas keluhan saya ini, bidan memperbolehkan saya mengikuti senam atau yoga hamil seminggu sekali.

Sejak saat itu, maka mulailah saya berselancar online mencari tempat senam hamil di daerah Ciledug. Iya, saya cenderung lebih memilih senam hamil daripada yoga hamil. Kenapa ? Karena saya kurang suka yoga hehehe. Saya pernah mengikuti yoga gratis yang diadakan di kantor sepulang kerja, itu pun tidak bertahan lama. Senam dipikiran saya identik dengan musik yang energik dan berkeringat lebih banyak. Tentu saja, senam hamil pada akhirnya juga membuat saya berkeringat tapi tidak ada musik energik didalamnya.

Loby RSPI Bintaro Jaya

Sabtu lalu pada 11 Agustus 2018 saya berkesempatan mengikuti senam hamil yang diadakan oleh RSPI Bintaro Jaya. Kenapa saya memilih disini ? Karena dekat dengan rumah, juga karena free alias masih gratis hehehe. Ini benar adanya, senam hamil di RSPI Bintaro Jaya ini (masih) gratis, saya tidak tahu pasti hal apa yang membuatnya gratis, dengar-dengar sih katanya karena RS ini baru launching akhir 2017 lalu, tapi ini kan sudah menjelang akhir 2018 ya kenapa masih gratis ? Karena biasanya, setahu saya, promo gratis itu hanya diberikan diawal - awal opening sih. Apalah itu alasannya... Saya sungguh bersyukur bisa senam hamil di RS bagus ini gratis hehehe.

Masih Menunggu Bidan Instruktur Senam

Senam di RSPI Bintaro Jaya ini diadakan setiap Sabtu pukul 08.00 dan 11.00. Sabtu kemarin saya mengikut kelas kedua yaitu pukul 11.00. Senam dipimpin oleh seorang Bidan, Bidan Yenny namanya. Senam diadakan di ruangan Auditorium lantai 5. Di dalam Auditorium sudah berjajar kurang lebih hampir 20 kasur - kasur ungu nan empuk yang enak sekali saat ditiduri. Senam hamil disini berlangsung selama 1 jam, ngobrol - ngobrolnya after senam juga 1 jam. Jadilah suami harus menunggu sekitar 2 jam diruangan lain di RS ini karena suami tidak diijinkan masuk ke dalam ruangan senam.

Sebelum senam dimulai, para ibu hamil antri untuk ditensi terlebih dahulu. Kita juga diminta mengisi daftar hadir yang didalamnya terdapat kolom yang harus diisi seperti Nama, Tgl Lahir, Usia Kehamilan, Lokasi Periksa Kehamilan, Nama Obgyn yang Menangani, No Tlp, Asuransi/Tidak, Setelah itu, Bidan Yenny duduk di kasur ditengah - tengah para ibu hamil dikelilingi kami para ibu hamil di sisi kanan, kiri, juga di depan Bidan. Bu Bidan mengajak kami berbincang - bincang terlebih dahulu seputar kehamilan & melahirkan, memberikan gambaran seperti apa melahirkan nanti, baik secara normal / sesar. Kami diingatkan oleh Bidan, bahwa tidak lah masalah melahirkan secara normal / sesar, yang penting ibu dan bayinya sehat dan selamat. Bidan Yenny sendiri juga banyak bercerita pengalaman beliau / pasiennya ketika melahirkan. Semua cerita Bu Bidan sungguh membuat saya, yang baru pertama kali hamil & akan melahirkan ini, sangat senang sekaligus agak takut hehehe.

Suasana After Senam Hamil di RSPI Bintaro

Tidak ada musik energik dalam senam hamil seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Semua kegiatan senam berlangsung diatas kasur ungu nan empuk itu dengan suhu ruangan yang sangat sejuk. Senam dimulai dengan pemanasan, dan pendinginan setelahnya. Pendinginan ini favorit saya dari sekian rangkaian senam hamil yang kami jalani. Mengapa ? Karena pendinginan disini kita diminta berbaring hadap kiri (posisi favorit mayoritas bumil) senyaman kita, dengan lampu dipadamkan dan alunan musik relaksasi diputar oleh Bidan Yenny selama 30 menit. Itu lama banget menurut saya sih, bahkan saya & beberapa ibu hamil lainnya sukses tertidur hehehe.

Oh iya, ada beberapa gerakan senam yang hanya boleh dilakukan oleh bumil dengan usia kandungan diatas 32 minggu, yang belum 32 minggu atau baru akan 32 minggu tidak dianjurkan untuk mengikut gerakan ini oleh Bu Bidan. Sesudah senam selesai, ibu hamil yang usia kandungannya diatas 36 minggu diminta berkumpul dipojok ruangan oleh Bu Bidan untuk diajarkan cara mengejan yang baik untuk bekal persalinan nanti. Ibarat mengerti kondisi bumil yang selalu merasa laper, seusai senam kami juga dipersilahkan memakan snack dan teh yang disediakan di pinggir ruangan. Snacknya berisi lontong dan kue sus. Enak nggak ? Enak banget dong... Sudah diberi senam gratis, diajarkan banyak ilmu, dikasih banyak tips & trick, diberi snack enak lagi setelahnya. Masha Allah, jaza-kallah khairan katsiiraa, ya RSPI Bintaro Jaya, minggu depan saya boleh senam lagi ya hehehe.

Untuk mengikuti senam hamil ini, kalian perlu registrasi terlebih dahulu. Karena masih gratis, usahakan registrasi seminggu sebelum jadwal yang kalian inginkan untuk menghindari kuota kelas penuh. Silahkan registrasi melalui telepon kesini :

RSPI Bintaro Jaya 
Jl. Boulevard Bintaro Jaya, Parigi, Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15227. (021) 80828888

Komentar