Langsung ke konten utama

JLPT Online Registration 2017

Dear teman - teman blogger, apa kabar ?
Setahun lamanya blog ini kosong tanpa ada postingan apapun, nggak terasa ya?
(Nggak terasa sudah hampir setahun saya malas blogging maksudnya)

Empat bulan belakangan ini saya kembali menekuni kembali Bahasa Jepang di sebuah rumah kursus di Kranji, Bekasi. Bahasa Jepang yang dulu saat SMA begitu akrab dengan saya sampai - sampai nilai UN Bahasa Jepang saya 8,xx sedangkan nilai UN Bahasa Indonesia saya hanya 6,xx. 
Tunggu... Ini membanggakan atau memalukan sih ?
Saya anggap membanggakan aja ya, karena apa ?
Karena belakangan saya sadar bahwa ability saya ternyata di bidang bahasa, terutama bahasa asing (sadarnya lama).

Berbekal keyakinan, kemauan, dan kemampuan sebelumnya saya mantap metasbihkan diri sebagai murid Bahasa Jepang kembali dengan ritme kursus seminggu sekali di hari sabtu ke Planet Bekasi.
Apa nggak kejauhan dari rumahmu di Ciledug ? Tentu saja Nggak dong kan sudah niat!
Suka mager nggak kalau tiba saatnya kursus ? Ini apalagi jangan ditanya Jarang sih, saya niat soalnya.
Tapi senang ? IYA.
Jujur aja, perasaan mager terkadang muncul saat tiba waktunya belajar bersama 先生(sensei) di hari sabtu (saya gunakan kanji disini karena harus menghafal 350 kanji untuk test JLPT N4 Desember nanti).  Tapi manakala saya sudah di stasiun menuju rumah 先生, perasaan mager itu menguap begitu saja. Memikirkan saya bisa berbicara & menerjemahkan Bahasa Jepang tanpa bantuan kamus lagi membuat saya senang & semangat minta ampun. Bahkan saat jam pelajaran saya bersama 先生 selesai, saya merasa kurang (kurang lama belajarnya) dan masih ingin terus belajar.

ところで、Bahasa Jepang sangat erat kaitannya dengan JLPT. JLPT atau Japanese Language Proficiency Test adalah ujian kemampuan bahasa Jepang bagi non-penutur asli bahasa Jepang dan akan mendapatkan sertifikat kemahiran bahasa Jepang berdasarkan tingkatan level. JLPT dimulai pada tahun 1984. JLPT terbagi menjadi 5 tingkat. N5, N4, N3, N2 dan N1. Tingkat terbawah dan yang termudah adalah N5, sedangkan tingkat tertinggi dan yang tersulit adalah N1. Materi yang diujikan di dalam JLPT adalah: Kanji dan Kosakata, Tatabahasa, Membaca dan Mendengarkan.

Ujian JLPT ini diadakan satu tahun 2 kali di Jakarta pada bulan Juli dan Desember. Kota besar lainnya seperti Bandung & Yogyakarta hanya mengadakan ujian 1 kali dalam setahun yakni di bulan Desember saja. Alhamdulillah, di bulan Agustus ini pendaftaran JLPT untuk gelombang kedua sudah dibuka sejak 21 Agustus 2017. Pendaftaran di buka sampai 06 September 2017 atau sampai kuota terpenuhi.

Pada kesempatan kali ini saya mendaftarkan diri untuk mengikuti JLPT N4 di Jakarta. Adapun langkah - langkah mendaftar ujian JLPT sebenarnya sudah dijelaskan di situs resmi JLPT sendiri. Akan tetapi, masih banyak pendaftar yang saya temukan bertanya - tanya di fanpage facebook The Japan Foundation Jakarta. Oleh karena itu, berikut saya jabarkan langkah - langkahnya mulai dari Registrasi sampai kepada Print Test Voucher

  • Pertama - tama, silahkan buka situs resmi pedaftarannya disini.
  • Setelah situs terbuka, klik 'Registration for JLPT in Indonesia ONLY''
Situs Resmi JLPT Registration

  • Akan ada informasi pendaftaran JLPT, biaya ujian, tanggal ujian yang semuanya dijelaskan dalam Bahasa Indonesia. Klik  'Setuju'.
Situs Resmi JLPT Registration

  • Isi data diri ujian kamu. Jika sudah, jangan lupa beri checklist pada lembar persetujuan sebagai bukti kamu menyetujui ketentuan & syarat yang berlaku, lalu klik 'Confirm'. Jangan bingung teman - teman, karena semua kolam yang harus diisi dijelaskan juga dalam Bahasa Inggris.
Situs Resmi JLPT Registration

  • Setelah registrasi, kamu akan mendapatkan email 'Member Registration' dari Japan Foundation yang berisi User ID dan Password untuk kemudian kamu login dan melanjutkan proses registrasi. Emailnya seperti ini.

    Email Registrasi JLPT Online
    Jika kamu belum menerima email setelah registrasi, coba cek folder Spam di email kamu karena kemarin saya juga menemukan email ini masuk di folder Spam. Jika ternyata tidak juga ada di folder Spam segera hubungi panitia JLPT di Indonesia. Untuk yang mendaftar ujian di Jakarta, kamu bisa menghubungi UNSADA sebagai penyelenggara JLPT di Jakarta.
  • Selanjutnya, silahkan login dengan User ID dan password yang tertera di email.

    Tampilan Login JLPT Online
  • Setelah login, disana tertera biaya ujian yang harus kamu bayar (sesuai level ujian yang kamu ambil) dan nomor rekening yang dituju. Saran saya, segera bayarkan, karena panitia ujian memberi waktu hanya 48 jam sejak nomor ujian dikirimkan ke email kita.
  • Setelah kamu membayar biaya ujian, tuliskan pada struk pembayaran: NAMA PESERTA, LEVEL UJIAN YANG DIAMBIL, dan TANGGAL LAHIR PESERTA, tulis dengan tulisan tangan kamu. Seperti ini:
    Tulis NAMA KAMU, TGL LAHIR KAMU, dan LEVEL UJIAN YG KAMU AMBIL pada bukti pembayaran kamu
  • Upload bukti pembayaran kamu beserta foto terbaru kamu di situs tersebut. Setelah kedua berkas tersebut di upload, kamu akan menerima email 'JLPT Payment Fee Uploaded Notification' seperti di bawah ini. Jangan lupa, cek folder Spam di email kamu karena bisa saja email ini masuk di folder Spam.

    Email Konfirmasi Bukti Pembayaran Sudah Diterima
  • Sekarang, kita hanya tinggal menunggu sampai pembayaran kita di verifikasi oleh Administrator. Saya menunggu kurang lebih 3 hari lamanya sampai saya menerima email konfirmasi bahwa pendaftaran saya telah disetujui. Emailnya seperti ini:

    Email Konfirmasi Pendaftaran Diterima

    Langkah Akhir Pendaftaran: Print Test Voucher
    Dengan demikian, langkah selanjutnya adalah mencetak 'Print Test Voucher' pada login JLPT kamu. Saya rasa ini semacam kartu ujian yang harus kita bawa saat melakukan ujian 03 Desember 2017 nanti. Filenya berformat pdf 2 halaman dengan tulisan kanji semua didalamnya dan foto kita. Well, saya masih belum bisa membaca kanji jadi saya akan meminta tolong 先生saya untuk mengartikan.

    Kartu Ujian JLPT ?
    Jadi, kamu sudah mendaftar ujian JLPT tahun ini ?
    Pendaftarannya masih dibuka lho s/d 06 September 2017 ini!

    Terima kasih sudah mampir di blog saya :)

Komentar