Langsung ke konten utama

Book Review: And The Mountains Echoed

Judul Buku : Dan Gunung – Gunung Pun Bergema
Judul Asli : And The Mountains Echoed
Jenis Buku : Novel Fiksi
Pengarang : Khaled Hosseini
Penerjemah : Berliani M.
Peresensi : Riska A
Penyunting : Esti A.
Penerbit : PT Mizan Pustaka
Tahun Terbit : Juli 2012, Cetakan I
Tebal Buku : 516 Halaman; 20,5 cm
Harga Buku : Rp 65.000,-
ISBN : ISBN 978-602-9225-93-8

Terlanjur mengagumi karya - karya dari Khaled Hosseini sebelumnya, maka untuk karya ketiganya ini saya sangat tidak sabaran menunggu. Ingat sekali sore itu, pulang kerja terburu - buru masuk ke Gramedia di Mall sebelah kantor yang letaknya di Daan Mogot Jakbar, hanya untuk mendapatkan novel ini. Berbekal gaji pas - pasan karena saat itu masih terhitung baru sebagai anak magang di kantor Om, senyum sumringah mengembang berhasil memdapatkan novel ini dengan uang sendiri. Well,  ternyata tidak mengecawakan. Berikut resensinya:

"And The Mountains Echoed adalah novel terbaru dari penulis kenamaan Khaled Hosseini setelah dua novel pertamanya Kite Runner dan A Thousand Splendid Suns terjual lebih dari 10 juta eksemplar di seluruh dunia. Novel ini bercerita tentang kehidupan keluarga miskin kebanyakan di Afganistan yang mengharuskan menjual anaknya kepada seorang kaya demi kelangsungan hidup mereka di musin dingin.

Adalah Abdullah dan Pari, dua orang kakak beradik yang dipisahkan oleh ayahnya karena sebuah keharusan. Abdullah, sang kakak, cukup untuk mengingat perpisahan mereka yang menyakitkan itu secara detail karena Pari adalah salah satu alasannya bertahan hidup. “Tak ada lagi Pari, tak ada lagi kehidupan,” Begitu pikirnya.

Ketika Pari akhirnya menemukan kepingan masa lalunya, menemukan satu – satunya keluarga kandungnya yang tersisa, Abdullah, sayang beribu sayang Abdullah telah menderita Alzheimer –penyakit karena gangguan memori dan berpikir- dan tidak lagi mengenali dirinya. Pari kecil berusaha mengingatkan Abdullah tentang masa lalu mereka tapi semuanya sia – sia.

Tokoh lain yang diceritakan adalah Idris. Dimana Idris merasa memiliki keterikatan dengan Roshi, seorang anak korban perang di Kabul. Roshi tumbuh tidak seperti anak pada umumnya. Idris merasa ada sesuatu diantara dirinya dan Roshi yang membuatnya berjanji untuk menyelamatkan nyawa Roshi dan membawanya tinggal ke Amerika bersamanya.

Tokoh lainnya adalah Nabi. Nabi adalah paman tiri Abdullah dan Pari yang mengusulkan keluarga mereka untuk menjual Pari kepada keluarga majikannya, Mr & Mrs. Wahdati. Namun tak disangka, ada sesuatu yang mengejutkan terjadi diantara hubungan majikan dan pembantunya ini.

Khaled Hosseini menceritakan novel ini secara mulus, ceritanya terjalin melalui beberapa generasi dengan kesemua tokoh – tokohnya terhubung satu sama lain dalam beberapa cara. And The Mountains Echoed ditulis dengan kesedihan mendalam yang melingkupi semua aspek kehidupan dalam ceritanya, dimana hidup kita dapat berubah hanya karena satu peristiwa kecil."

Komentar