Langsung ke konten utama

Contoh Program Android (Terlalu) Sederhana

Hello selamat malam blogers!
Assalamuallaikum. :)

Disela - sela mengerjakan program skripsi, iseng tiba - tiba pingin posting sesuatu di blog. Dan ya, beginilah jadinya. Dari judulnya saja sudah tidak jelas, tapi insha Allah isinya jelas. :)

Program ini merupakan program percobaan sederhana yang tadinya saya buat untuk kemudian dijalankan tidak hanya untuk platform Android, tapi juga untuk iOS dan Blackberry. Tapi tidak jadi, saya belum berhasil tepatnya. Untuk membuat satu program dapat dijalankan di banyak platform sebenarnya cukup mudah kalau kamu menguasai web programming seperti html, css dan php. Teknik seperti ini dinamakan PhoneGap, sedang digemari para developer dan programmer saat ini. Dibutuhkan eclipse versi terbaru untuk menjalankannya (seperti indigo, juno). Eclipse Galileo, seperti yang saya pakai, merupakan versi lama sehingga tidak compatible dengan plugin PhoneGap. Bukannya malas mengupgrade, tapi saya sudah terbiasa bekerja dengan Eclipse Galileo ini.

Cara lain untuk menjadikan program Android berjalan diatas iOS adalah dengan mengubah file .apk menjadi .deb, setelah itu ubah file .deb tersebut menjadi .ipa (.ipa adalah ekstensi untuk iOS). Kalau kamu tertarik silahkan dicoba, tutorialnya banyak tersedia di google. Saya sarankan mencari dengan keyword berbahasa inggris karena akan tersedia lebih banyak sumbernya.

Ini dia output program yang saya buat tersebut. Bukan, ini bukan contoh parsing. Ini hanya menggunakan webkit. Jadi seperti halnya browser sederhana.
Jika ingin mencobanya silahkan download disini. :)
Selamat mencoba!

Komentar