Langsung ke konten utama

Analisis Kinerja Mesin ATM

Selamat sore bloggers!
Ini adalah slah satu dari tugas kuliah saya di semester VII ini. Tugas ini tergolong mudah karena kita hanya perlu menganalisis kinerja dari sebuah mesin ATM. Disini saya menggunakan kartu ATM BCA dan melakukan analisis terhadap mesin ATM BCA sendiri dan mesin ATM Bukopin. Sebenarnya sama saja, hanya yg membedakan yaitu letak tombol dengan tulisan pada layar di mesin ATM Bukopin kurang sejajar letak tombol dengan tulisan dilayarnya tidak seperti di mesin ATM BCA, selebihnya sama. Berikut hasil analisis saya menggunakan mesin ATM BCA & kartu BCA:
  • Konfirmasi security PIN 
Pada mesin ATM BCA terdapat konfirmasi security PIN pada saat login untuk menyesuaikan id kita dan akan muncul kembali pada saat ingin melakukan aktifitas lainnya seperti melihat informasi saldo, transfer, ataupun penarikan tunai.
  • Letak tombol dengan tulisan pada layar mesin ATM 
Letak tombol dengan text pada layar mesin ATM sangat presisi sehingga memudahkan user untuk menggunakan mesin ATM tersebut.
  • Kecepatan transaksi 
Kecepatan transaksinya baik sehingga tidak membuat user menunggu lama.
  • Konfirmasi transaksi 
Pada setiap melakukan transaksi seperti penarikan tunai atupun transfer dan pembayaran yang lainnya, terdapat konfirmasi transaksi berupa pilihan apakah user sudah yakin dengan aktifitas yang akan dilakukannya, apabila yakin maka user harus menekan tombol YA/Benar, dan apabila tidak yakin  maka user harus menekan tombol Tidak/Salah.
  • Design warna layar pada mesin ATM 
Background layar pada mesin ATM BCA bewarna biru dan dipadukan dengan warna text kuning, sehingga memudahkan user dalam membaca text pada layar mesin ATM.
  • Informasi sisa tabungan 
Apabila kita melakukan transaksi berupa transfer, penarikan tunai, atau pembayaran yang lainnya, maka akan muncul informasi saldo pada layar, dan akan mencetak struk informasi sisa saldo terakhir.
  • Informasi Menu 
Setelah login dengan memasukkan PIN maka akan muncul pilihan menu pada layar mesin ATM yang berisikan jumlah nominal uang yang akan di ambil, E-banking/autodebet, dan transaksi lainnya. Adapun pilihan transaksi lainnya adalah : Informasi saldo, Penarikan tunai, transfer, voucher reload, pembayaran, ganti pin, kurs, dan pembelian.
  • Pemisah digit nominal uang pada layar 
Pemisah digit nominal yang terdapat pada layar ATM berupa tanda koma (,) sebagai contoh seperti berikut: Rp 900,000.00 terbilang Sembilan Ratus Ribu Rupiah.
  • Fasilitas yang ada 
Fasilitas yang terdapat pada mesin ATM BCA antara lain : E-banking, Informasi saldo, Penarikan tunai, transfer, voucher reload, pembayaran, ganti pin, kurs, dan pembelian.
  • Konfirmasi ulang saat transfer 
Pada saat transfer user akan dihadapkan dengan konfirmasi berupa pertanyaan, apakah jumlah uang yang akan di transfer, nomor rekening dan nama tujuan sudah benar atau tidak. Apabila benar maka user harus menekan tombol YA/Benar, dan apabila tidak maka user harus menekan tombol Tidak/Salah.

Komentar