Langsung ke konten utama

Pencarian Google Dengan Gambar

Hello selamat malam bloggers!
Sekarang pukul 09:31 PM di laptop gue. Oke dari judul yang saya buat kalian sudah tahu pasti apa yang akan saya tulis sekarang. By the way, ini kayaknya postingan saya setelah terakhir nulis di blog itu sekitar awal juni. Woah udah lama banget ya? Begitulah. Dua bulan terakhir ini saya disibukkan dengan yang namanya "PI" atau Penulisan Ilmiah. PI itu apa?

Well, cuma anak gunadarma tahu dan mengerti apa dan bagaimana itu rasanya PI. Banyak teman sekampus saya yang memposting di blog mereka bagaimana perasaan mereka sewaktu berhadapan dengan si-PI-ini. Ah lupakan saja PI itu, surat acc sidang alhamdulillah sudah di tangan, revisi penulisan tinggal hal - hal kecil saja, lalu fokus membuat presentasi untuk sidang.

Back to the topic.
Jadi begini, di PI saya itu saya menggunakan jabref 2.8.1 untuk mencantumkan daftar pustaka atau referensi dari sumber - sumber yang gue ambil. Nah! Celakanya, game PI gue ini mengambil icon seorang pelajar korea dari google. Sangat tidak mungkin kalau gue harus cantumin www.google.com sebagai daftar pustaka untuk icon game gue disana. Situs search engine itu terlalu umum. Well, gue cari di google images dengan berbagai macam keywords yang pernah gue masukin dulu. Tapi nihil! Dua jam cari dimana site tempat gue ambil gambar itu tetep nihil!

Dan tiba - tiba gue dapet ide, aha!
Gimana kalau gue melakukan pencarian site gambar itu bukan dengan keywords tapi dengan gambar itu sendiri. Pertama - tama gue googling dulu bagaimana caranya melakukan pencarian google dengan gambar ini. Setelah gue praktikan dan berhasil dengan sukses, barulah gue berniat membagi tips itu disini, di blog gue.
Oke, check this out guys!
  • First, buka http://www.google.com
  • Second, setelah terbuka maka klik images atau gambar yang terdapat pada kiri atas.
  • Third, lihat di sebelah kanan tempat kalian biasa mengetikkan keywords, di sana ada icon camera. Nah! icon camera itulah yang harus kalian klik untuk mengupload gambar yang ingin kalian cari keberadaan sitenya. Ini gue kasih screen capturenya, itu loh icon camera yang gue kasih tanda panah.
  • Ke-empat, setelah icon camera di klik, kalian punya dua pilihan. Pertama, apakah kalian ingin mencari gambar dari URL? Maka tinggal ketik atau paste-kan URL tersebut. Kedua, kalian tidak punya URL-nya tetapi kalian punya gambarnya dan ingin tahu di mana site dari gambar tersebut? Gampang. Tinggal upload gambarnya, maka google akan mencarikan site dari gambar tersebut.
  • Kalau gue disini, gue meng-upload sebuah gambar karna gue ingin mencari site di mana tempat gue download gambar ini. Buat apa sitenya? Buat gue taruh di daftar pustaka sebagai referensi. Nggak mau dong gue di bilang plagiat atas isi dari tulisan PI dan aplikasi game PI gue, makanya gue cantumin asalnya.

Komentar